Saturday, March 12, 2011

Politeknik Pusmanu Tanam 66 Jenis Pohon Warna Alam

Batang, CyberNews. Politeknin Pusmanu Pekalongan mengadakan kerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Batang, untuk penghijauan di wilayah Batang.
"Ada 11 lokasi yang bakal ditanami 66 jenis pohon yang bakal dimanfaatkan untuk bahan warna alam," ujar Direktur Politeknik Pusmanu, Sony Hikmalul MSi, hari Sabtu (12/3).
Menurutnya, penanaman kali pertama dilakukan di Tempat Wisata Kebakkramat dari 11 lokasi yang bakal ditanami.
Terkait dengan penanaman untuk pewarna alam batik, Sony menambahkan, kampusnya juga akan diberikan lahan oleh Dinas Kehutanan Jateng.
"Untuk penanaman pohon pewarna alam ini, saya akan diberikan lahan hutan di Batang. Ini sangat menguntungkan, karena ke depan, bahan pewarna alam ini akan dibutuhkan masyarakat untuk pengembangan batik warna alam," tegasnya.
Kerjasama dilakukan setelah kampusnya mengadakan Jambore Warna Alam Nusantara yang dilakukan tahun lalu dengan melibatkan perajin batik warna alam se-Jateng.
Dalam kegiatan itu, selain workshop, juga dilakukan seminar terkait pengembangan batik warna alam. Akhirnya, Dinas Kehutanan Provinsi Jateng tertarik dan akan memberikan lahan pada Politeknik Pusmanu untuk menanam pohon langka yang
dibutuhkan perajin batik.
( Trias Purwadi / CN19 / JBSM

0 comments

Post a Comment

"Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"